Kegiatan

Rapat Terbatas Literasi di NTB dan Penyerahan Bantuan Buku

0Shares

Anggota DPD RI NTB, Evi Apita Maya, melakukan kunjungan dan rapat terbatas tentang “Literasi di NTB” di Perpustakaan Daerah NTB pada Rabu (27/10/2021). Kegiatan sekaligus dirangkai dengan penyerahan bantuan buku kepada Lembaga Pengembangan Wilayah NTB (LPW NTB).

Kegiatan tersebut, diikuti pula oleh Kepala dan Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi NTB, Ketua Ikatan Pustakawan Indonesia NTB sekaligus Kepala UPT Kearsipan Universitas Mataram dan Direktur Lembaga Pengembangan Wilayah NTB.

Kegiatan dipandu oleh Budi, staf ahli senator Evi Apita, berlangsung dari pukul 08.00-10.00 WITA. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan NTB, menyampaikan pula pentingnya sinergitas untuk mencapai tujuan.

“Komunitas literasi, desa dan seluruh lembaga, harus terlibat, karena peningkatan literasi adalah pekerjaan bersama”, ungkapnya.

Taufan, selaku Direktur LPW NTB, menyatakan pula bahwa penting melakukan kolaborasi dan kesadaran seluruh pihak.

“Ada geliat beberapa tahun terakhir terhadap literasi, maka momentum ini perlu kita tingkatkan, mendorong seluruh pihak berperan, pemerintah desa, perangkat daerah dan swasta. Kami berharap seluruh pihak, memperhatikan komunitas yang ada”, ungkapnya.

Menurut Taufan, literasi perlu direspon oleh berbagai kelembagaan, “Pembangunan sumber daya manusia, harus menjadi titik tolak, pembangunan infrastruktur harus mampu memperkuat dan menggerakan sumber daya manusia. LPW NTB, berupaya melalui advokasi, mulai dari kegiatan literasi sampai mendorong perbaikan kebijakan”, terangnya.

Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan NTB, mengatakan pula bahwa telah banyak komunitas literasi yang cukup kreatif dan berperan terhadap peningkatan literasi.

“Memang sudah banyak komunitas literasi yang terdata, namun kami perlu informasi tambahan komunitas lain, dengan adanya LPW NTB, maka ini tentu akan bagus untuk bersinergi”, tuturnya.

Kegiatan ditutup dengan penyerahan bantuan buku Perpustakaan Nasional atas inisiatif anggota DPD RI, Evi Apita kepada Lembaga Pengembangan Wilayah NTB.

Evi Apita, menyatakan bantuan buku merupakan wujud keinginan besar kita untuk kemajuan literasi di NTB, literasi adalah salah satu kunci pentimg dalam pembangunan daerah.

“LPW NTB merupakan salah satu lembaga yang concern mengawal isu literasi, kegiatan maupun bermitra dengan berbagai institusi, lembaga, desa, komunitas ataupun kelompok literasi, untuk itu kami tentu mendukung semua pihak untuk sama-sama berkolaborasi, semoga LPW NTB terus meningkatkan perannya dan bersama-sama dengan stakeholder meningkatkan literasi di NTB”, tutupnya.

Taufan, sebagai direktur LPW NTB yang mewakili untuk menerima bantuan buku, berterima kasih kepada seluruh pihak yang membantu.

“Ini sangat berarti bagi kita semua, merawat gerakan dan menjaga spirit. Terima kasih kepada Ibu Evi Apita, Perpustakaan Nasional, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dan UPT Perpustakaan dan Kearsipan Universitas Mataram, lebih khusus kepada staf ahli bapak Budi dan Bapak Marwan yang membantu memfasilitasi kami untuk rapat dan menerima bantuan buku”, tutupnya.

Laporan: M. Azhar

Dokumentasi kegiatan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow Us

Follow us on Facebook Subscribe us on Youtube Contact us on WhatsApp