ULASAN

Peringati Puncak Hari Anak 2022, Pemda Lobar Tebarkan Nilai Perjuangan dan Kebersamaan

0Shares

Puncak peringatan Hari Anak Nasional tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Lombok Barat menyelenggarakan rangkaian kegiatan pada Rabu (24/08/2022) di halaman kantor Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lombok Barat.

Kegiatan yang dilaksanakan di bawah koordinasi Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ini, melibatkan berbagai struktur perangkat daerah, sekolah, pelajar SMP sederajat se-Kabupaten Lombok Barat, komunitas literasi, termasuk komunitas Ruang Literasi LPW NTB.

Kegiatan dimulai pada Pukul 14.00 WITA, mencakup pembukaan, laporan panitia, penyerahan SK Bunda Literasi, Sosialisasi Anti Korupsi (Anak Lombok Barat Berintegrasi) dan diikuti oleh acara hiburan, lomba-lomba dan pembagian doorprize oleh Dewan Anak Kabupaten Lombok Barat.

Dewan Anak Kabupaten Lombok Barat dalam kesempatan tersebut menyampaikan materi anti korupsi kepada pelajar yang menjadi peserta kegiatan. Memberikan nasehat untuk berlaku jujur dan amanah sebagai generasi penerus yang diharapkan memberi kemanfaatan yang sebesar-besarnya bagi masyarakat, bangsa dan negara.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Lombok Barat, H. Fauzan Khalid S.Ag MM. Dalam sambutanya berpesan kepada pelajar yang menjadi peserta kegiatan agar selalu meluangkan waktu untuk belajar, baca buku dan hal-hal positif lainya dengan harapan suatu hari kelak akan menjadi pemimpin-pemimpin hebat yang berguna bagi Agama, Bangsa, Negara dan Lombok Barat khusunya.

Sebelum meninggalkan podium, bapak Bupati membagikan doorprize kepada peserta yang diawali dengan pengambilan kupon undian yang telah dikumpulkan sebelumnya. Nomor yang cocok, beruntung mendapatkan doorprize yang telah disediakan.

Setelah penutupan acara pembukaan, yang diakhiri dengan doa, rangkaian kegiatan selanjutnya diadakanya lomba-lomba yang diikuti oleh perwakilan dari setiap kelompok sekolah masing-masing.

Lomba yang diadakan yaitu lomba balap egerang sebagai permainan tradisional yang menggunakan batang bambu dan lomba bakiak, dilakukan oleh tiga orang atau lebih dengan berjalan di atas papan kayu yang diberi pengait untuk kaki.

Dengan diadakannya puncak hari anak nasional tahun 2022 di perpustakaan daerah dalam suasana hari kemerdekaan, setidak-tidaknya memberikan makna perjuangan generasi dalam pembelajaran untuk mencapai masa depan, serta tanggungjawab dan keterlibatan semua dalam perlindungan anak.

Dari rangkaian lomba, Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Barat juga bermaksud menanamkan nilai solidaritas dan spirit perjuangan. Dengan harapan, peserta lomba akan mengambil nilai positif di antaranya nilai kebersamaan, kekompakan, saling percaya dan kerja keras yang akan diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Laporan: Ulul Azmi, S.Pd (Tim Ruang Literasi LPW NTB)
Editor: Hamdi, S.Pd.,M.AP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow Us

Follow us on Facebook Subscribe us on Youtube Contact us on WhatsApp