Kegiatan

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2022, Ruang Literasi LPW NTB adakan Kelas Kreatif

0Shares

Pada Minggu 5 Juni 2022 dieringati sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2022 atau World Environment Day. Dilansir dari laman Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Rabu (1/6/2022) peringatan World Environment Day tahun ini merupakan perayaan ke-50 konferensi Stockholm. Konferensi Stockholm tahun 1972 merupakan konferensi tingkat dunia pertama yang membahas isu lingkungan. Konferensi Stockholm telah meletakkan dasar untuk pengaturan global mengenai perlindungan lingkungan.

Tema dari Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2022 kembali diperingati dengan tema yang sama seperti 50 tahun lalu, yakni “Only One Earth” (Sustainably in Harmony with Nature). KLHK sendiri menggunakan tema Indonesia yaitu “Satu Bumi untuk Masa Depan.” Majelis umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyampaikan, bahwa Bumi menghadapi tiga masalah utama, di antaranya: Iklim yang meningkat dengan sangat cepat bagi manusia dan alam untuk beradaptasi Hilangnya habitat dan faktor lain yang menyebabkan sekitar 1 juta spesies terancam punah Polusi yang terus meracuni udara, tanah, dan air.

“Jalan keluar dari hal ini adalah mengubah ekonomi dan masyarakat kita menjadi inklusif, adil, dan lebih terhubung dengan alam. Kita harus beralih dari merusak planet ini menjadi memperbaikinya,” tulis PBB di laman resminya, Minggu (5/6/2022).

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini mengajak warga Bumi, untuk menyadari bahwa di antara jutaan galaksi yang ada di alam semesta, jutaan planet di galaksi, hanya ada satu Bumi yang menjadi tempat tinggal.

#OnlyOneEarth adalah kampanye untuk Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2022. Kampanye ini menyerukan tindakan kolektif dan transformatif dalam skala global untuk merayakan, melindungi, serta memulihkan planet kita.

Pada momentum hari lingkungan hidup 2022, LPW NTB melaksanakan kegiatan edukasi kelas kreatif pada unit kegiatan Perpustakaan Ruang Literasi LPW NTB, Minggu, 5 Juni 2022. Kegiatan ini menyasar anak kelompok usia 5 sampai dengan 12 tahun, dengan kegiatan kelas kreatif menggambar, menceritakan jenis sampah di rumah dan kegiatan pilah sampah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow Us

Follow us on Facebook Subscribe us on Youtube Contact us on WhatsApp