Kegiatan

Literasi hukum untuk Desa Berkelanjutan, kolaborasi LPW NTB, sekolah, komunitas dan Pemdes

0Shares

LPW NTB – Rangkaian kegiatan dalam rangka hari anak nasional, 23 Juli 2022, LPW NTB bersama SMP Muhammadiyah Rite Ambalawi dan KPAD, menyelenggarakan agenda literasi hukum di SMP Muhammadiyah Rite Ambalawi, Bima, pada Sabtu (23/07/2022).

Hadir sebagai pemateri dari tim PBH LPW NTB sekaligus koordinator Taman Literasi, M. Al Husaini, S.H.,M.H, relawan taman literasi, dan relawan LPW NTB, Sofiani, S.Hub.int, serta sambutan dan peserta Kepala SMP Muhammadiyah Rite Ambalawi, Elpoput SW, S.Pd, Ketua KPAD dan anggotanya Ilham, S.Pd dan Ade Irawan, unsur Pemdes diwakili oleh Sekretris Desa Rite, Sekretaris Desa Kole dan Kepala Sekolah SDN 2 RITE. Acara juga dihadiri oleh peserta guru dan siswa.

Cakupan materi yang disampaikan yaitu terkait perlindungan anak yang meliputi pencegahan dan penanganan dengan fokus pada program pencegahan, peran guru, sekolah, program pencegahan, upaya penanganan dan pendampingan, erta akses bantuan hukum. Agenda ini juga disertai dengan permainan edukasi dan kreatif untuk anak.

“Kegiatan Luar biasa sekali, antusias dan semangat anak sangat tinggi sekali, sehingga yang saya amati dari anak-anak menitip harapan kepada kita semua,semoga kegiatan seperti ini akan ada kedepannya lagi”, ungkap Elpoput selaku Kepala Sekolah.

Kegiatan literasi hukum, merupakan upaya memperkuat gerakan pembangunan desa berkelanjutan, yang mencakup upaya perwujudan desa ramah anak dan sekolah ramah anak. Untuk itu pula melibatkan sekolah, pemdes dan komunitas.

Pada Hari Anak Nasional 23 Juli 2022, menjadi momen LPW NTB terus mengadvokasi aspek penguatan SDM dalam perlindungan anak melalui kegiatan literasi hukum, workshop perlindungan anak dan kegiatan lomba untuk anak, yang diadakan pada tanggal 23-24 Juli 2022.

Pada tahun 2022 ini, LPW NTB menggandeng Komunitas Peduli Anak Desa Rite Kec. Ambalawi, Kab. Bima (KPAD) dan SMP Muhammadiyah Rite Ambalawi, dengan dukungan berbagai kelembagaan lainnya.

Dukungan kelembagaan lainnya, yaitu Pemerintah Desa Rite, Relawan Sahabat Anak (RSA) Institut Perempuan untuk Perubahan Sosial (InSPIRASI NTB), Alamtara Institut, Taman Literasi, SMP Muhammadiyah Ambalawi Bima, Pusat Bantuan Hukum Mangandar (PBHM), PT. Gemilang NTB Emas, dan media partner Kicknews.today.

KPAD merupakan lembaga yang dibentuk oleh LPW NTB pada tingkat desa tahun 2019, baru memulai kegiatan pada tahun 2020, dimaksudkan untuk memperkuat advokasi dan perlindungan anak tingkat desa, KPAD diharapkan sebagai pilot project untuk mengembangkan perlindungan anak dan dapat didukung oleh stakeholder. Keterlibatan dan penguatan KPAD merupakan wujud gagasan integrasi pembangunan, memperkuat pilar penghubung tingkat desa, guna memastikan pemenuhan hak anak, mewujudkan pembangunan berkelanjutan.

Dukungan, kerjasama, dan kolaborasi berbagai pihak menjadi bagian penting untuk mencapai tujuan itu. Bersama, kita kuat. Bergerak untuk perlindungan anak, mewujudkan pembangunan berkelanjutan.

Laporan: Relawan LPW NTB




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow Us

Follow us on Facebook Subscribe us on Youtube Contact us on WhatsApp