ULASAN

Kritik Michael Sandel Terhadap Teori Keadilan John Rawls

0Shares

Pengarang: Michael J. Sandel
Penerbit: Farrar, Straus dan Giroux, Tahun: 2010
ISBN: 0374532508,9780374532505

Deskripsi:

“Bagi Michael Sandel, keadilan bukanlah olahraga tontonan,” kata pengulas Justice dari The Nation. Dalam bukunya yang terkenal–berdasarkan kursus legendarisnya di Harvard–Sandel menawarkan pendidikan langka dalam memikirkan isu-isu rumit dan kontroversi yang kita hadapi dalam kehidupan publik saat ini. Panduan ini muncul sebagai panduan yang paling jelas dan menarik bagi mereka yang mendambakan wacana publik yang lebih kuat dan bijaksana. “Dalam istilah yang dapat kita semua pahami,” tulis Jonathan Rauch dalam The New York Times, Keadilan “menghadapkan kita dengan konsep-konsep yang tersembunyi… di balik konflik-konflik kita.” Tindakan afirmatif, pernikahan sesama jenis, bunuh diri dengan bantuan dokter, aborsi, pelayanan nasional, batasan moral pasar–Sandel menghubungkan pertanyaan-pertanyaan besar filsafat politik dengan isu-isu yang paling menjengkelkan saat ini, dan menunjukkan bagaimana pemahaman yang lebih pasti akan filsafat dapat membantu kita memahami politik, moralitas, dan keyakinan kita sendiri. Keadilan itu hidup, menggugah pikiran, dan bijaksana–sebuah tambahan baru yang penting pada rak kecil buku yang secara meyakinkan menjawab pertanyaan-pertanyaan sulit dalam kehidupan sipil kita.

Download buku disini:

Buku Michael J. Sandel: Justice: What’s the Thing To Do?

Terjemahan Bebas (Bahasa Indonesia)

Buku Lainnya:

Liberalism and the Limits of Justice (First Edition)

Liberalism and the Limits of Justice (Second Edition)

MengenaL Penulis, Michael J. Sandel

Michael Joseph Sandel, lahir 5 Maret 1953, adalah seorang filsuf politik Amerika dan Profesor Teori Pemerintahan Anne T. dan Robert M. Bass di Harvard Law School, tempat kursusnya Keadilan adalah mata kuliah pertama di universitas yang tersedia secara gratis secara online dan di televisi. Video tersebut telah dilihat oleh puluhan juta orang di seluruh dunia, termasuk di Tiongkok, di mana Sandel dinobatkan sebagai “tokoh asing paling berpengaruh tahun ini” pada tahun 2011 ( China Newsweek ). Ia juga dikenal karena kritiknya terhadap A Theory of Justice karya John Rawls dalam buku pertamanya, Liberalism and the Limits of Justice (1982). Dia terpilih sebagai Anggota Akademi Seni dan Sains Amerika pada tahun 2002.

Sandel menganut versi komunitarianisme tertentu, dan dalam hal ini ia mungkin paling dikenal karena kritiknya terhadap A Theory of Justice karya John Rawls. Argumen Rawls bergantung pada asumsi tabir ketidaktahuan , yang menurut Sandel membuat Rawls berkomitmen pada pandangan manusia sebagai “diri yang tidak terbebani”. Sandel berpandangan bahwa pada dasarnya kita terbebani sedemikian rupa sehingga mustahil, bahkan secara hipotesis, untuk memiliki selubung seperti itu. Beberapa contoh dari ikatan tersebut adalah ikatan dengan keluarga kita, yang tidak kita buat secara sadar, melainkan sudah kita miliki sejak lahir, sudah terikat. Karena hal-hal tersebut tidak diperoleh secara sadar, mustahil untuk memisahkan diri dari ikatan-ikatan tersebut. Sandel percaya bahwa hanya versi tabir ketidaktahuan yang tidak terlalu membatasi dan lebih longgar yang boleh didalilkan. Kritik seperti yang dilontarkan Sandel menginspirasi Rawls untuk kemudian berargumentasi bahwa teori keadilannya bukanlah teori “metafisik” melainkan teori “politik”, sebuah landasan yang dapat membentuk konsensus utama di antara individu dan kelompok dengan banyak pandangan moral dan politik yang berbeda.

Download Buku John Rawls: A Theory of Justice (Revised Edition)

Original Edition

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow Us

Follow us on Facebook Subscribe us on Youtube Contact us on WhatsApp