ULASAN

Komunitas Peduli Anak Desa Rite, Ambalawi, Bima. Gerakan Literasi, Edukasi dan Advokasi

0Shares

ULASAN – Komunitas Peduli Anak Desa (KPAD) Desa Rite, Kec. Ambalawi, Kab. Bima merupakan wadah komunitas yang dibentuk oleh LPW NTB atas inisiasi dari kelompok pemuda pada tingkat desa tahun 2019.

KPAD memulai kegiatan pada tahun 2020, yaitu kegiatan literasi dengan pendekatan dongeng “mpama” pada momentum hari buku nasional, selanjutnya literasi pada hari Pancasila, dan kegiatan pekan anak yang terdiri dari kegiatan literasi hukum, workshop penguatan relawan hingga lomba unjuk bakat dan kelas penulisan untuk anak. Di samping itu, KPAD jg menyelenggarakan kegiatan rutin lapak baca dan pembimbingan belajar untuk anak.

KPAD dimaksudkan untuk menggerakan literasi dan edukasi untuk memperkuat advokasi dan perlindungan anak tingkat desa, sehingga dapat menjadi mitra dan penghubung LPW NTB. KPAD juga diharapkan sebagai instrumen untuk mengembangkan perlindungan anak dan dapat didukung oleh stakeholder. Keterlibatan dan penguatan KPAD merupakan wujud gagasan integrasi pembangunan, memperkuat pilar penghubung tingkat desa, guna memastikan pemenuhan hak anak, mewujudkan pembangunan berkelanjutan.

Simak beberapa potongan kegiatan KPAD berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow Us

Follow us on Facebook Subscribe us on Youtube Contact us on WhatsApp