Kegiatan

Hari Peduli Sampah Nasional 2022, LPW NTB perkuat gerakan Literasi Zero Waste

0Shares

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia mencanangkan 21 Februari sebagai Hari Peduli Sampah Nasional sejak tahun 2006. Peringatan ini muncul atas ide dan masukan dari sejumlah pihak untuk mengenang peristiwa di Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat, pada 21 Februari 2005 ketika terjadi insiden longsornya TPA Leuwigajah yang merenggut korban lebih dari 100 jiwa.

Peristiwa naas tersebut terjadi akibat curah hujan yang tinggi dan ledakan gas metana pada tumpukan sampah di lokasi TPA tersebut.

Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2022 yang diperingati setiap 21 Februari memiliki tema “Kelola Sampah, Kurangi Emisi, Bangun Proklim”. Peringatan HPSN ditujukan untuk mengingatkan pentingnya kepedulian masyarakat akan sampah yang dihasilkan setiap tahunnya. Sampah sendiri masih menjadi permasalahan utama terkait pengelolaan lingkungan di Indonesia.

Berdasarkan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Indonesia menghasilkan 67,8 juta ton sampah pada tahun 2020. Artinya, satu penduduk menghasilkan sekitar 0,68 kilogram sampah perharinya. Penyumbang sampah terbesar berasal dari rumah tangga yakni sebanyak 37,3 persen, dan sampah pasar tradisional 16,4 persen. Sedangkan sampah yang dihasilkan dari kawasan sebanyak 15,9 persen dan sampah yang berasal dari sumber lain sebesar 14,6 persen.

Untuk merespon berbagai persoalan sampah itu, LPW NTB, semenjak tahun 2020 terus memperkuat pilar sosial dalam edukasi sampah, terutama melalui pendekatan literasi hukum, pembinaan kelompok, maupun kampanye media. Pada tahun 2021, LPW NTB mengadakan penyuluhan dan memperkuat pendampingan di sekolah dan desa di Lombok Timur.

Tahun 2022, melanjutkan kegiatan literasi zero waste, LPW NTB memperkuat unit perpustakaan yang memperkuat aspek edukasi anak usia dini melalui gerakan ruang literasi. Di dalamnya melaksanakan kegiatan edukasi lingkungan hidup, kelola sampah dengan beragam media pembelajaran. Pada momentum hari peduli sampah nasional 2022, Minggu 20 Februari 2022, Ruang Literasi LPW NTB, mengadakan kegiatan literasi untuk memberikan edukasi sampah terhadap peserta usia anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow Us

Follow us on Facebook Subscribe us on Youtube Contact us on WhatsApp